Wednesday, August 24, 2016

Basa-Basi yang Basiiii,,,

basa basi


Orang Indonesia itu katanya sih ramah, saking ramahnya mereka suka sekali bertanya dengan orang lain bahkan dengan orang yang tidak dikenalnya. Menyapa dan bertanya ina inu sampai hal privasi adalah suatu yang lazim dilakukan. Nyebelin!! Apalagi kalau udah bertanya “kapan,,,”wiih horror, kapan lulus? Kapan kerja? kapan nikah? kapan mati? Seketika gue pengen dilempar ke kutub utara,zzzzz,,,,. Buat gue sikap ramah seperti itu lebih mengarah ke basa-basi yang sebenarnya basiiiii banget, lebih basi dibanding sayur asem yang udah 3 hari lewat. Hueek! Nah, sekarang gue mau cerita soal basa-basi yang pernah gue alami. Banyak sih kejadian atau percakapan yang bisa disebut basa-basi tapi, gue mau membahas 3 hal ini saja, apakah itu? baca aje yeee :p


Di kehidupan orang sunda ada istilah yang disebut ‘tawar gatra’ yaitu menawari tapi, semu alias hanya basi-basi saja. Bisa dibilang hal itu merupakan suatu bentuk dari kesopanan dan tata krama. Misalnya, terjadi ketika ada tamu yang datang ke rumah, orang rumah biasanya suka menawari untuk makan tapi, dibalik itu semua, tawar gatra bermain, hahaha =D
A: teh, ayo makan dulu, nasi mah ada walau gak ada lauknya.
B: gak bu, terima kasih tadi udah makan.
Percakapan diatas merupakan percakapan standar jika bertamu ke rumah orang sunda tapi, kamu jangan terlalu percaya dan berharap penawaran itu benar adanya. Soalnya, terkadang si punya rumah menawari tapi, dia duduk saja menemani kamu ngobrol hingga selesai bertamu. Nah, itu dia yang disebut tawar gatra. Padahal mah ya, hati udah terbang-terbang karena bisa makan gratis, eh nyatanya cuma tawar gatra ppfff,,


Bukan hanya dalam menawari saja, basa-basi juga merambah dalam hal yang lain yaitu tentang melakukan perjanjian. Selayaknya orang muslim, jika berjanji akan melakukan sesuatu pasti akan bilang insya Allah. Insya Allah artinya baik. Gue sih gak tahu arti sebenarnya tapi, dalam pandangan gue, insya Allah artinya akan berusaha melakukan hal itu dengan seizin Allah tapi, di lingkungan gue artinya berbeda, insya Allah lebih mengarah ke mungkin, mungkin tidak. :D
A: nanti datang ya ke kawinan gue.
B: insya Allah.
Arti sebenarnya, gue gak akan dateng. Haha tapi, kalau bilang iya, berarti kemungkinan datang ke kawinannya lebih besar. Jadi, jangan percaya dan berharap dulu ya :p hal itu terjadi karena sopan santun biar tidak menyakiti hati orang yang mengajak untuk berjanji.


Well, gue juga baru-baru ini kena jebakan sama yang namanya basi-basi. Huh sebel. Bulan kemarin, keluarga dari pihak mamah datang ke rumah untuk bersilaturahmi dalam rangka hari raya idul fitri.  Mulai dari kakek, nenek, bibi, paman, ponakan dan lain-lain. Ada kali dua belas orang yang bertamu. Begitu sampai di rumah, mereka langsung mencari gue dengan berkata,
A: mana si cantik,,? mana si cantik?
B: ih makin cantik saja.
C: iya, makin cantik saja nih.
Gue yang mendengar hal itu merasa seneng, geli dan ge’er. Cuma bisa senyum malu-malu, padahal dalam hati, gue pengen bilang,”emang gue cantik ya?” #kibasrambut. Masalahnya gue gak merasa cantik sampai bisa membuat orang terperangah dan berkata “cantiknyaaa”, begitu melihat gue. Ya, kalau bener gue cantik mungkin gue udah bisa nikah sama Adam Levine tapi, nyatanya gue ditinggal nikah sama doi. Huh sebel. Faktanya, hal itu merupakan basa-basi karena banyak orang sunda yang berkata seperti itu. Jadi, buat kamu yang mukanya penuh panu dengan jerawat berhamburan atau papareolan gak jelas, datanglah mengunjungi orang sunda terutama orang yang sudah sepuh. Kemungkinan kamu akan disebut geulis atau kasep. Pffff,,


Udah ah cerita basa-basinya, pernah mengalami basa-basi yang nyebelin? Pernah?! Gue cuma mau bilang, “Kasihan deh lo kege’eran, hahahah”

Terima kasih udah mampir, bye ^_^

Sunday, August 21, 2016

[Pengalaman Memalukan] Celana Kekecilan

pengalaman memalukan


Postingan kemarin gue pernah cerita tentang kesialan gue dan ternyata ketidakmujuran gue masih berlangsung. Huh nyebelin! Lalu kenapa judulnya ‘pengalaman memalukan’? em itu karena kalau kesialan gue  berlanjut ke dalam tahap kronis, bisa dipastikan gue bakal maluu banget! Penasaran gak? Enggak?!! Emm, baca aja dulu. Ceritanya begini, satu hari gue mendapatkan panggilan untuk melakukan tes psikotes di sebuah perusahaan yang berada di Bandung. Awalnya gue ragu mau ikutan setelah baca cerita orang-orang tentang perusahaan itu tapi, akhirnya gue pergi juga.

Friday, August 19, 2016

Lagi Lagi Duit,,,



Bulan-bulan ini gue kena sial mulu. Gak tahu kenapa, ini si sial ko betah banget di dekat gue, apa karena gue sejenis lem aibon jadi maunya nempel mulu? Uhuk, dasar nyebelin!  Di awal bulan, kesialan yang terjadi adalah ketika charger handphone yang dipake berjamaah sama bapak dan gue rusak, gak bisa dipake dan ternyata chargeran notebook gue juga gak bisa dipake setelah dicolokin di ‘terminal’ yang sama ketika menggunakan chargeran handphone. Kayanya ‘terminalnya’ yang udah jelek deh.

Thursday, August 11, 2016

Yang Jahat di Drama Korea

Kalau kamu sudah sering menonton k-drama, pasti lama kelamaan hafal mana aktor dan artis yang sering menjadi si jahat yang menjengkelkan bukan? Nah, gue juga gitu, karena di beberapa drama, gue melihat mereka berperan menjadi orang yang jahat, membuat gue selalu berburuk sangka ketika menonton dramanya. Negatif thinking mulu kalau lihat wajahnya. Kalau dia menjadi orang baik di awal episode, tetep aja gue berpikir kalau dia bakal menusuk dari belakang tapi, eh,, ternyata sampai episode ending dia tetap menjadi orang baik. Kalau hal itu terjadi, gue kaget sekaligus aneh, ”ko tumben?”  dan ini dia wajah-wajah jahat yang ada di drama korea. Khususon aktor saja :D

Monday, August 08, 2016

Thursday, August 04, 2016

Pengalaman Berbelanja di Berrybenka dengan COD


Bulan puasa kemarin gue membuat postingan tentang pakaian hari raya untuk mengikuti lomba blog yang hadiahnya itu voucher dari berrybenka dan hijabenka. Hadiah untuk juara pertamanya lumayan bikin ngiler yaitu mendapatkan voucher satu juta. Sebagai pecinta gratisan gue ikut aja meski gak yakin menang. Sampai gue bela-belain mengubah gaya bahasa blog gue menjadi lebih baku dan sopan tapi, ternyata ihik nasib berkata lain, gue kagak menang. Zzzzz.